Saturday, November 17, 2012

CARA MEMBANGKITKAN KHARISMA


Masih lagi tentang murid saya yang curhat ke saya, jadi banyak hal yang perlu saya tuangkan di cerita tulisan saya, mereka bertanya tentang apa itu apa itu kharisma? apakah seseorang harus terlahir dengannya, atau kita bisa belajar mendapatkannya? darimana kita tahu apakah kita memiliki kharisma? apa saja yang bisa membuat seseorang terlihat berkharisma? hari ini anda akan mendapatkan jawaban memuaskan dari pertanyaan di atas.

kharisma adalah pengaruh yang dimiliki seseorang terhadap orang lainnya atau kelompok. jadi jika anda ingin meningkatkan kharisma, berarti anda perlu memahami beberapa atribut ‘kekuatan spesial’ terkandung di dalam kharisma yang memungkinkan anda mempengaruhi orang lain.

berikut adalah beberapa Sistem saya  :

BANJIR KEPERCAYAAN DIRI. seseorang yang karismatik biasanya memiliki tingkat narsisme sangat tinggi yang dapat menarik perhatian seluruh orang. ia seolah-olah menyerap energi orang dan ruangan, lalu memancarkannya kembali berlipat kali ganda kepada siapa saja yang memperhatikannya. perhatikan bahwa ini bukan kepercayaan diri dalam pikiran saja, melainkan kepercayaan diri secara fisik yang meluap keluar dari setiap gerak tubuh anda.

howard friedman, seorang profesor psikologi di university of california-riverside yang meneliti komunikasi non-verbal menulis, “when charismatic people enter a room, they draw attention and may enliven the whole gathering. charismatic people a basic self-confidence and then project this to others. others have a sense of what they are feeling, mostly via nonverbal communication.

kepercayaan diri seperti ini, sekalipun bersifat inner game, wajib diproyeksikan lewat aksi non-verbal anda. berdirilah dengan postur tubuh tegap, dada dan tangan terbuka lebar, wajah berseri, dan senyuman yang siap untuk menyapa siapa saja. ketika ada yang menghampiri anda, jadilah pihak yang pertama untuk menginisiasi sentuhan fisik, baik dalam bentuk jabatan tangan, tepukan ringan di bahu, atau rangkulan hangat di pundak mereka.

jangan lupa juga untuk mendengarkan sepenuh hati setiap kalimat yang orang sampaikan pada anda ketika anda benar-benar mendengarkan, anda secara otomatis memproyeksikan sebuah cahaya yang sulit sekali dijabarkan dengan kata-kata. seluruh perilaku memungkinkan anda ‘menghipnotis‘ siapa saja jauh sebelum anda membuka mulut dan mengeluarkan suara.

VISIONER. setiap orang karismatik yang saya kenal secara pribadi memiliki kebiasaan melihat hal-hal yang kasat mata, tersembunyi, atau bahkan terlalu jauh di belakang dan di depan. kebiasaan itu muncul dari kesadaran akan tujuan dan panggilan hidupnya. seseorang yang bisa melihat dirinya memiliki misi spesial dalam dunia ini pasti yakin dirinya diperlengkapi dengan kekuatan spesial juga, persis seperti kisah mitologi yunani di atas. keyakinan pribadi inilah yang menular pada orang-orang di sekitarnya sehingga mereka merasa tergelitik, tersedot, dan tertawan secara magis. ini sebabnya dalam kelas pelatihan lanjutan hitman system, saya melatih setiap peserta untuk menggali sistem passion-vision-mision mereka.

paul gingrich, seorang profesor sosiologi di university of regina,menulis, “charisma is a quality of an individual personality that is considered extraordinary, and followers may consider this quality to be endowed with supernatural, superhuman, or exceptional powers or qualities. whether such powers actually exist or not is irrelevant – the fact that followers believe that such powers exist is what is important.“ jadi luangkan waktu sejenak sekarang untuk menelisik esensi hidup anda. gali apa saja yang menjadi alasan dan tujuan anda diciptakan di dunia ini, serta bagaimana secara spesifik pribadi anda sangat diperlukan oleh orang lain di sekeliling anda. selidiki apa yang akan membuat dunia ini tidak lengkap jika tidak ada anda.

setelah anda menemukan hal-hal tersebut di dalam diri anda sendiri, lakukan lagi pada setiap pribadi orang yang hadir dalam hidup anda, lalu pimpin mereka dengan menyampaikan apa yang anda lihat tersebut. ketika anda terbiasa peduli pada diri anda, anda juga mudah peduli pada orang lain. anda akan dianggap sangat berharga karena kebanyakan orang malas dan membutuhkan orang lain untuk mempedulikan diri mereka sendiri.

MENGUASAI KONTRADIKSI. sekalipun ini bukan rahasia terakhir saya seputar karisma, ini adalah salah satu karakter yang paling sering orang komentari.
jika anda memiliki gaya atau pemikiran yang rasanya paradoks di dalam diri anda sendiri, jangan pernah sembunyikan! dorong diri anda mengakui kekurangan dan kelebihan anda, serta mengekspresikannya dengan bangga. baca sebanyak mungkin buku-buku yang bahkan bertentangan dengan minat dan religi anda sendiri. temukan mengapa kekuatan anda adalah kelemahan anda dan sebaliknya. biasakan menjawab dengan pertanyaan dan mengajukan pertanyaan dengan jawaban karena semakin anda sulit dicerna, semakin orang rajin mencerna dan menyukai anda. serta jangan lupa untuk bersenang-senang menguasai kontradiksi yang sulit dikuasai ini.

dulu saya pernah saya membaca buku why presidents succeed yang ditulis oleh dean keith simonton, profesor psikologi di university of californiademikian, “i do think that charismatic techniques can be taught to a certain extent. if you tell people what they need to do to feel more confident, some may improve. situations can also bring out a person’s hidden charisma.” selaras dengan itu, richard wiseman -seorang profesor public understanding of psychology- menyatakan kharisma merupakan 50% kemampuan alamiah dan 50% hasil latihan perilaku tertentu.
itu artinya seseorang yang terlahir dengan kharisma alamiah pun masih perlu melakukan sejumlah tehnik karismatik jika ingin memaksimalkan pengaruhnya. saya yakin ini adalah kabar baik untuk anda yang merasa kekurangan sinar kharisma, bukan begitu?
Ini adalah cara yang keterlaluan ringan dan praktis, sampai-sampai anda tidak sadar kalau sudah melakukannya nanti.

salam revolusi cinta,

No comments:

Post a Comment

Trimakasih telah mengomentari blog ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua umumnya dan bagi saya sendiri khususnya

Author Details

Semoga apa yang sudah saya tulis bermanfaat untuk pembaca semuanya, jika didalam penulisan tersebut banyak kekeliruan dalam penyusunan kata atau ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan mohon kritik dan saran untuk perkembangan blog ini, komen dibawah ya :)