Saturday, June 23, 2012

Linux Ubuntu


Pengertian
Ubuntu adalah sistem operasi komputer berdasarkan distribusi Debian GNU / Linux dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dan open source. Hal ini dinamai filosofi Afrika Selatan dari Ubuntu ("kemanusiaan terhadap orang lain").
Ubuntu adalah dirancang terutama untuk penggunaan desktop, meskipun netbook dan server edisi ada juga. Statistik menunjukkan bahwa pangsa web Ubuntu penggunaan desktop Linux adalah sekitar 50%, dan menunjukkan ke atas-tren penggunaan sebagai web server. Ubuntu memegang penggunaan global diperkirakan lebih dari 12 juta pengguna desktop, dan itu dianggap oleh DistroWatch menjadi distribusi yang paling populer dari Linux.
Ubuntu disponsori oleh Canonical perusahaan berbasis di Inggris Ltd, yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Canonical menghasilkan pendapatan dengan menjual dukungan teknis dan layanan terkait ke Ubuntu, sedangkan sistem operasi itu sendiri adalah sepenuhnya gratis.

Sejarah dan proses pembangunan
Ubuntu adalah garpu dari basis kode proyek Debian. Tujuan asli dari tim Ubuntu adalah untuk menciptakan program yang mudah digunakan (kebebasan bagi pengguna daripada kebebasan untuk programmer) desktop Linux dengan rilis baru dijadwalkan secara enam bulan diprediksi, sehingga sistem yang lebih sering diperbarui.
Rilis pertama Ubuntu adalah pada tanggal 20 Oktober 2004. Sejak itu, Canonical telah merilis versi baru dari Ubuntu setiap enam bulan dengan komitmen untuk mendukung setiap rilis selama delapan belas bulan dengan menyediakan perbaikan keamanan, patch untuk bug kritis dan update minor untuk program. Diputuskan bahwa setiap rilis keempat, yang dikeluarkan pada setiap dua tahun, akan menerima dukungan jangka panjang (LTS). Rilis LTS didukung selama tiga tahun pada desktop dan lima tahun pada server.
Rilis LTS terbaru adalah Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx), dirilis pada tanggal 29 April 2010, sedangkan rilis normal terbaru adalah Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal), dirilis pada tanggal 28 April 2011.
Paket Ubuntu adalah berdasarkan paket dari Debian unstable: kedua distribusi Debian menggunakan deb format paket dan alat-alat manajemen paket (APT dan Synaptic). Debian dan Ubuntu paket belum tentu biner kompatibel dengan satu sama lain, bagaimanapun, dan kadang-kadang. Deb paket mungkin perlu dibangun kembali dari sumber yang akan digunakan di Ubuntu. Banyak pengembang Ubuntu adalah juga pengelola paket kunci dalam Debian. Ubuntu bekerja sama dengan Debian dengan mendorong perubahan kembali ke Debian, walaupun sudah ada kritik bahwa hal ini tidak terjadi cukup sering. Di masa lalu, Ian Murdock, pendiri Debian, telah menyatakan keprihatinan tentang paket Ubuntu berpotensi menyimpang terlalu jauh dari Debian untuk tetap kompatibel. Sebelum rilis, paket yang diimpor dari Debian yang tidak stabil terus menerus dan bergabung dengan modifikasi khusus Ubuntu.
Satu bulan sebelum rilis, impor beku, dan pembuat paket kemudian bekerja untuk memastikan bahwa fitur beku interoperate sama dengan baik. Ubuntu saat ini didanai oleh Canonical Ltd Pada tanggal 8 Juli 2005, Mark Shuttleworth dan Canonical Ltd mengumumkan pembentukan Yayasan Ubuntu dan memberikan dana awal sebesar US $ 10 juta. Tujuan yayasan ini adalah untuk memastikan dukungan dan pembangunan untuk semua versi masa depan Ubuntu. Mark Shuttleworth menggambarkan pondasi sebagai "dana darurat" (dalam kasus keterlibatan Canonical berakhir).
Pada tanggal 12 Maret 2009, Ubuntu mengumumkan dukungan pengembang untuk 3 platform manajemen awan partai, seperti untuk yang digunakan di Amazon EC2.

Fitur-fitur Ubuntu
Ubuntu adalah terdiri dari banyak paket perangkat lunak, sebagian besar yang didistribusikan di bawah lisensi perangkat lunak bebas. Satu-satunya pengecualian adalah beberapa driver proprietary hardware. Lisensi utama yang digunakan adalah GNU General Public License (GNU GPL) yang, bersama dengan Lisensi GNU Lesser General Public (GNU LGPL), secara eksplisit menyatakan bahwa pengguna bebas untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, mengubah, mengembangkan dan meningkatkan perangkat lunak.
Di sisi lain, ada juga perangkat lunak berpemilik yang tersedia yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada kegunaan, keamanan dan stabilitas. Ubiquity installer mengizinkan Ubuntu untuk diinstal ke hard disk dari dalam lingkungan Live CD, tanpa perlu me-restart komputer sebelum instalasi. Ubuntu juga menekankan aksesibilitas dan internasionalisasi untuk menjangkau orang sebanyak mungkin. Dimulai dengan 5,04, UTF-8 menjadi karakter default encoding, yang memungkinkan untuk mendukung berbagai script non-Romawi.
Sebagai fitur keamanan, alat sudo digunakan untuk menetapkan hak sementara untuk melakukan tugas administratif, yang memungkinkan account root untuk tetap terkunci, dan mencegah pengguna berpengalaman dari secara tidak sengaja melakukan perubahan sistem bencana atau membuka lubang keamanan. PolicyKit juga secara luas diimplementasikan ke dalam desktop untuk lebih mengeras sistem melalui prinsip hak istimewa sedikit.
Ubuntu Desktop termasuk lingkungan desktop grafis. Pada versi sebelumnya sampai dengan 11.04 default GUI adalah GNOME Shell tapi dijatuhkan mendukung Persatuan, antarmuka grafis Canonical pertama kali dikembangkan untuk Edisi Ubuntu Netbook.
Ubuntu terinstal dengan berbagai perangkat lunak yang mencakup LibreOffice (OpenOffice dalam versi sebelum 11.04), Firefox, Empati (Pidgin dalam versi sebelum 9.10), Transmisi, GIMP (dalam versi sebelum 10.04), dan game ringan beberapa (seperti Sudoku dan catur). Software tambahan yang tidak terinstal secara default dapat didownload dan diinstal dengan menggunakan Ubuntu Software Center atau manajer paket Synaptic, yang datang pra-instal. Ubuntu memungkinkan port jaringan harus ditutup menggunakan firewall, dengan pemilihan port yang tersedia disesuaikan. Akhir-pengguna dapat menginstal Gufw (GUI untuk terkomplikasi Firewall) dan tetap diaktifkan. GNOME (desktop default mantan) menawarkan dukungan untuk lebih dari 46 bahasa. Ubuntu juga dapat menjalankan banyak program yang dirancang untuk Microsoft Windows (seperti Microsoft Office), melalui Wine atau menggunakan Virtual Machine (seperti VMware Workstation atau VirtualBox).
Ubuntu, seperti Debian, mengkompilasi paket mereka menggunakan fitur gcc seperti PIE dan perlindungan Buffer meluap mengeras perangkat lunak mereka. Fitur-fitur tambahan sangat meningkatkan keamanan dengan mengorbankan kinerja dari 1% di 32 bit dan 0,01% di 64 bit.

persyaratan sistem
Versi desktop dari Ubuntu saat ini mendukung 32 bit x86 dan 64 bit arsitektur. Dukungan resmi tersedia untuk PowerPC, IA-64 (Itanium) dan PlayStation 3 arsitektur (catatan Namun bahwa Sony resmi menghapus dukungan untuk OtherOS di PS3 dengan firmware 3.21, dirilis pada tanggal 1 April 2010), serta prosesor ARM ponsel (lihat HTC HD2). Sebuah GPU yang didukung diperlukan untuk mengaktifkan efek visual desktop, termasuk shell Persatuan. Dalam kasus seperti GPU tidak tersedia GUI jatuh kembali ke Gnome 2.
Saat Persyaratan Minimum
server
desktop
Prosesor (x86) dengan set instruksi i686
300 MHz 1 MHz
Memori 128 MiB 384 MiB
Hard Drive (ruang bebas)
1 GB 5 GB
Resolusi Monitor 640 X 480 1024 X 768

Instalasi
Instalasi Ubuntu umumnya dilakukan dengan Live CD atau dapat diinstal melalui drive Live USB. OS Ubuntu dapat dijalankan langsung dari CD (kadang-kadang dengan kerugian kinerja yang signifikan), yang memungkinkan pengguna untuk "test drive-" OS untuk kompatibilitas perangkat keras dan dukungan driver. CD juga berisi Ubiquity installer, yang kemudian dapat memandu pengguna melalui proses instalasi permanen. CD gambar dari semua versi saat ini dan masa lalu tersedia untuk di-download di situs web Ubuntu. Instalasi dari CD membutuhkan minimal 256 MiB RAM.
Pengguna dapat men-download sebuah disk image (. Iso) dari CD, yang kemudian dapat baik ditulis ke medium fisik (CD atau DVD), atau opsional dijalankan langsung dari hard drive (melalui UNetbootin atau GRUB). Ubuntu juga tersedia pada ARM, PowerPC, SPARC, dan IA-64 platform, meskipun tidak secara resmi didukung.
Canonical menawarkan Ubuntu dan K-ubuntu CD instalasi Live distribusi terbaru dari sistem operasi tanpa biaya (meskipun dihentikan sejak April 2011), termasuk ongkos kirim dibayar untuk tujuan di sebagian besar negara di seluruh dunia (melalui layanan yang disebut ShipIt). Berbagai pihak ketiga program seperti remastersys dan reconstructor tersedia untuk membuat salinan disesuaikan dari Ubuntu Live CD.
Sebuah Microsoft Windows tool migrasi, yang disebut Migrasi Asisten (diperkenalkan pada April 2007), dapat digunakan untuk mengimpor bookmark, latar belakang desktop (wallpaper), dan berbagai pengaturan dari instalasi Windows yang ada MS ke instalasi Ubuntu baru.
Ubuntu dan Kubuntu dapat di-boot dan dijalankan dari USB Flash drive (asalkan BIOS mendukung boot dari USB), dengan pilihan untuk menyimpan pengaturan untuk flashdrive tersebut. Hal ini memungkinkan instalasi portabel yang dapat dijalankan pada setiap PC yang mampu booting dari USB drive. Dalam versi baru dari Ubuntu, USB pencipta program yang tersedia untuk menginstal Ubuntu pada USB drive (dengan atau tanpa LiveCD disk).
Wubi, yang disertakan sebagai pilihan pada Live CD, mengizinkan Ubuntu untuk diinstal dan dijalankan dari dalam Windows virtual perangkat loop (sebagai file gambar besar yang dikelola seperti program Windows lainnya melalui Windows Control Panel). Metode ini tidak memerlukan partisi dari hard drive pengguna Windows itu. Wubi juga membuat penggunaan Asisten Migrasi untuk mengimpor pengaturan pengguna. Hal ini juga menimbulkan kerugian kinerja sedikit.

Paket klasifikasi dan dukunga
 
Ubuntu membagi semua perangkat lunak menjadi empat domain untuk mencerminkan perbedaan lisensi dan tingkat dukungan yang tersedia. Beberapa Aplikasi tidak didukung dari penerima update comuniti member, tetapi bukan dari Canonical Ltd.

Free software
Non-Free software
supported
Main
Restricted
unsupported
Universe
Multiverse

Perangkat lunak bebas hanya mencakup perangkat lunak yang telah memenuhi persyaratan lisensi Ubuntu, yang secara kasar sesuai dengan Debian Free Software Guidelines. Pengecualian, bagaimanapun, termasuk firmware dan font, dalam kategori Utama, karena meskipun mereka tidak diperbolehkan untuk dimodifikasi, distribusi mereka dinyatakan tidak terbebani. [Kutipan diperlukan]
Perangkat lunak tidak bebas biasanya didukung (Multiverse), tetapi beberapa pengecualian (Terbatas) yang dibuat untuk penting perangkat lunak tidak bebas. Didukung perangkat lunak tidak bebas termasuk driver perangkat yang dapat digunakan untuk menjalankan Ubuntu pada beberapa perangkat keras saat ini, seperti biner-satunya driver kartu grafis. Tingkat dukungan dalam kategori Terbatas lebih terbatas daripada Utama, karena para pengembang mungkin tidak memiliki akses ke kode sumber. Hal ini dimaksudkan bahwa Main dan Restricted harus berisi semua perangkat lunak yang diperlukan untuk sistem umum menggunakan GNU / Linux. [Rujukan?] Program Alternatif untuk tugas yang sama dan program untuk aplikasi khusus ditempatkan dalam kategori Universe dan Multiverse.
Selain di atas, di mana perangkat lunak tidak menerima fitur baru setelah rilis awal, Ubuntu Backports adalah resmi diakui repositori untuk backporting software yang lebih baru dari versi Ubuntu Repositori tidak komprehensif,. Itu terutama terdiri dari user-meminta paket, yang disetujui jika mereka memenuhi pedoman kualitas. Backports tidak menerima dukungan sama sekali dari Canonical, dan sepenuhnya dikelola masyarakat.
The-update repositori menyediakan update rilis stabil (SRU) dari Ubuntu dan biasanya diinstal melalui update-manager. Setiap rilis diberikan sendiri-update repositori-nya (misalnya pemberani-update). Repositori didukung oleh Canonical Ltd untuk paket di utama dan dibatasi, dan oleh masyarakat untuk paket di alam semesta dan multiverse. Semua update ke repositori harus memenuhi persyaratan tertentu dan pergi melalui yang diusulkan repositori sebelum dibuat tersedia untuk umum. Update akan terus tersedia hingga akhir hidup rilis.
Selain update-repositori, repositori tidak stabil yang diusulkan berisi upload yang harus dikonfirmasi sebelum disalin ke-update. Semua pembaruan harus melalui proses ini untuk memastikan bahwa patch tidak benar-benar memperbaiki bug dan tidak ada risiko regresi.
Pembaruan di-diusulkan sudah dikonfirmasi oleh salah satu Canonical atau anggota masyarakat. Mitra repositori Canonical memungkinkan vendor perangkat lunak berpemilik mengirimkan produk mereka ke pengguna Ubuntu tanpa biaya melalui alat akrab yang sama untuk menginstal dan upgrade software. Perangkat lunak dalam repositori mitra secara resmi didukung dengan keamanan dan update penting lainnya oleh vendor masing-masing. Canonical mendukung kemasan perangkat lunak untuk Ubuntu dan menyediakan bimbingan untuk vendor. Mitra repositori dinonaktifkan secara default dan dapat diaktifkan oleh pengguna. Beberapa produk populer didistribusikan melalui mitra repositori seperti Agustus 2010 [update] adalah Adobe Flash Player, Adobe Reader, Skype dan Sun Java.

No comments:

Post a Comment

Trimakasih telah mengomentari blog ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua umumnya dan bagi saya sendiri khususnya

Author Details

Semoga apa yang sudah saya tulis bermanfaat untuk pembaca semuanya, jika didalam penulisan tersebut banyak kekeliruan dalam penyusunan kata atau ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan mohon kritik dan saran untuk perkembangan blog ini, komen dibawah ya :)