Thursday, September 27, 2012

Saka Wira Kartika Seputih Raman


Sebelum mengetahui Saka Wira Kartika Seputih Raman Alangkah baiknya kita tahu Pramuka itu apa
Kalau kita baca buku "B-P's Out Look" didalamnya terdapat pencipta pendidikan kepramukaan, Lord Boden Powell, yang berbunyi sebagi berikut "Scouting is not a science to be solemnly studied, nor is it collection of doktrine texts. Not it is a jollygame in the out of doors, where boy-man and boy can go adventuring together as leader and younger brother picking at healt and happiness, handicraft and heipfulness" Artinya " : Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun, bukan pula merupakan suatu kumpulan dari ajaran-ajaran dan naskah buku, Bukan!. Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan seperti kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, ketrampilan dan kesediaan memberi pertolongan. Kalau kita pelajari lebih lanjut secara mendalam tentang kepramukaan itu akhirnya kita dapat mengatakan bahwa hakikat kepramukaan adalah :
a. suatu proses belajar dengan menggunakan media alam sekitar dibawah tanggung jawa orang yang lebih dewasa/Pembina
b. yang dilaksanakan dilingkunan sekolah diluar jam sekolah dan diluar lingkungan keluarga
 c. dengan menggunakan metode pendidikan kepramukaan

Kepramukaan sebagai proses pendidikan harus merupakan kegiatan yang dapat dipertanggungjawabkan dan bernilai pendidikan, sehingga kegiatan harus terencana, dsipersiapkan, dilaksanakan, dan dapat dinilai dari segi kejiwaan dan pendidikan
itu sekilas pemikiran singkat dari arti Kepramukaan,,,

Saka Wira Kartika Seputih Raman Adalah Satuan Karya Pramuka yang bernaungkan di Koramil 411-06/Seputih Raman.
Berawal dari keingin tahuan beberapa Siswa yang berbeda tempat sekolah, yang ingin mengetahui apa isi dibalik Lambang Saka Wira Kartika, lalu dari pihak Anggota Ramil dengan diperintahkan oleh Danramil yang ketika itu Bpk. Ach Rodji mengambil beberapa siswa dari beberapa sekolah swasta dan negeri yang kemudian diberikan pengertian mengenai Wira Kartika, dan sampai saat ini Saka Wira Kartika Seputih Raman telah beranggotakan lebih dari 200 Pramuka Penegak meskipun tidak semuanya dapat aktif.
di angkatan ke VI kemarin Instruktur Pramuka di Saka Wira Kartika berhasil mencetak 25 anggota dengan kecakapan sesuai krida masing-masing, dan target tahun ini lebih 50 anggota.
Semoga Wira Kartika Seputih Raman Tetap jaya seperti layaknya di dalam mars Wira Kartika

Kami Saka Wira Kartika
Beriri Tegak gagah Perkasa
Berjiwa patriot dan kesatria
Tunaikan tugas yang mulia,

bersatulah kau wahai pramuka
tunjukkan rasa bela negara
bersama saka wira kartika
majukan gerakan pramuka

Mari berjuang, bea Negara
Satukan Tekad mencapai Cita,
Satya ku Dharmakan, Dharma ku Baktikan
Pramuka Indonesia tetap Jaya

demikian sekilas tentang wira kartika seputih raman, Saya selaku instruktur Pramuka di Saka Wira Kartika selalu berdo'a agar kita Anggota Wira Kartika selalu membawa kesuksesan dalam mencapai cita-cita,,,
SEMANGAT Wira Kartika !!!!!!!!!!!!!!


FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN






















1 comment:

Trimakasih telah mengomentari blog ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua umumnya dan bagi saya sendiri khususnya

Author Details

Semoga apa yang sudah saya tulis bermanfaat untuk pembaca semuanya, jika didalam penulisan tersebut banyak kekeliruan dalam penyusunan kata atau ada kata yang kurang berkenan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan mohon kritik dan saran untuk perkembangan blog ini, komen dibawah ya :)